Call: Willy | Mevi | Isna | Ifah | WA

Informasi terkait ibadah ke Tanah Suci untuk Anda: akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, dan yang terkait.

Umrah Hemat Berkah. Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi. (Mulai Rp. 18 juta-an!)
Haji Plus
Umroh Murah
Wisata Religi
LA + Visa
Ticketting
Travel Ustadz Al-Habsyi
Umroh Murah
Travel Hemat Berkah Mulai
Rp 18 Juta-an.
Biro Wisata Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi.
0813-8071-0102 (Willy)
0878-8190-3636 (Mevi)
0813-1951-0404 (Elvanny)
0822-1366-0707 (Isna)
0813-8071-0203 (Lia)
Ketuk Untuk Mengirim Whatsapp
~ Assalaamu 'alaikum Wr. Wb. Para jamaah yang Allah rahmati, sudah dibuka umrah tahun 2018-2019. Silahkan dipilih Paket Spektakuler, Super Spekta, Fantastis, dan lain-lain. Daftar segera sebelum seat penuh. Salam hangat. Wassalamu 'alaikum Wr. Wb. Alsha Travel ~

Keajaiban Sumur Zam-Zam


Air Zam-zam Harga Biaya Paket Umroh Murah Desember 2014 - Januari 2015

Fakta Menakjubkan Sumur dan Air ZamZam

Sumur air zamzam merupakan sumur mata air yang berada di kawasan Masjidil Haram, di sebelah tenggara Ka’bah. Total kedalaman sumur ini sekitar 42 meter. Sumur air ini memiliki keistimewaan, yaitu meski dipompa selama 24 jam dan dapat mengeluarkan debit air sebanyak 8000 liter per detik, namun sumur ini tak pernah mengering dan meski dapat terisi kembali setelah 11 menit dipompa, namun tak pernah meluber hingga membanjiri tempat sekitarnya. Sumur ini akan terisi hingga jarak level air 13 meter di atas permukaan tanah.

Menurut sejarah, mata air zamzam ditemukan oleh Siti Hajar setelah berlari-lari bolak-balik antara bukit Safa dan bukit Marwah atas petunjuk malaikat Jibril. Saat itu Ismail, putra Siti Hajar sedang kehausan di tengah padang pasir dan tidak menemukan sumber air dekatnya.

Pada masa awal-awal ibadah haji, menimba airnya merupakan satu-satunya cara untuk mengambil air zamzam. Pemerintah Arab Saudi kemudian memberikan perhatian khusus pada sumur ini karena banyaknya jemaah haji yang datang dan bergerombol di dekat sumur untuk mengambil air minum, berwudlu bahkan ada yang menyiramkan airnya ke tubuh mereka sebagai Tabarru sambil berdoa. Hal tersebut membuat tempat disekitar sumur air zamzam menjadi kotor dan becek.

Pompa dan pipa kemudian dipasang untuk memudahkan para Jemaah agar tidak perlu menimba sehingga air dapat keluar dari pipa dan para jamaah tinggal menikmati. Beberapa orang laskar penjaga akan mengawasi para jamaah agar tetap menjaga kebersihan dan tempat disekitar sumur tetap kering. Para jamaah tinggal menekan tombol seperti pada dispenser dan memakai cangkir secara gratis untuk meminum airnya. Para jamaah juga boleh membawa dalam jumlah yang diijinkan untuk dibawa pulang ke pemondokan bahkan pulang ke tanah air.

Badan Survey Geologiocal Arab Saudi memiliki Zamzam Study Research Center (Pusat Study dan Riset zamzam) telah menganalisa air dan sumur ini. Level air selalu dimonitor oleh sebuah alat bernama Hydro Graph yang kemudian diganti menjadi sebuah alat digital yang secara lebih akurat dapat memonitor level ketinggian air, PH, Eh, suhu dan konduktor elektrik dalam sumur air zamzam. Alat tersebut digunakan untuk memastikan bahwa rasa, warna dan bau air tidak terpengaruh atau berubah. Air Zamzam tidak memiliki bau dan warna namun memiliki rasa yang khas, mengandung pH sekitar 7.9-8.0 yang menunjukkan bahwa air sumur zamzam mengandung alkaline yang mirip dengan air laut.

Universitas King Saud telah meneliti kandungan mineralnya seperti yang tercantum dalam daftar berikut ini :

- Sodium 133 mg/L (4.8×10−6 lb/cu in)
- Calcium 96 mg/L (3.5×10−6 lb/cu in)
- Magnesium 38.88 mg/L (1.405×10−6 lb/cu in)
- Potassium 43.3 mg/L (1.56×10−6 lb/cu in)
- Bicarbonate 195.4 mg/L (7.06×10−6 lb/cu in)
- Chloride 163.3 mg/L (5.90×10−6 lb/cu in)
- Fluoride 0.72 mg/L (2.6×10−8 lb/cu in)
- Nitrate 124.8 mg/L (4.51×10−6 lb/cu in)
- Sulfate 124.0 mg/L (4.48×10−6 lb/cu in)
- pH 8

Dari kandungan airnya, akhirnya kita dapat mengetahui beberapa khasiat yang dikandung oleh air zamzam. Menurut sebuah hadist seperti yang diriwayatkan oleh HR Muslim “Air zamzam itu penuh berkah. Ia makanan yang mengenyangkan (dan obat bagi penyakit)”. Seperti yang juga dikatakan oleh Rasulullah bahwa “Air zamzam tergantung pada niat meminumnya”. Bagi yang minum dengan ikhlas maka ia akan terbebas dari dahaganya karena Allah telah memberikan keutamaan pada zamzam untuk mencurahkan alirannya sebagai minuman dan penawar penyakit.

Demikian sekelumit kisah tentang air zamzam dan khasiatnya sehingga tiada keraguan lagi kita untuk meminumnya dan insya allah memberikan berkah kesehatan dan obat bagi penyakit. Aamiin.

Penulis: Trina Tri Nawangsih


Back To Top