Call: Willy | Mevi | Isna | Ifah | WA

Informasi terkait ibadah ke Tanah Suci untuk Anda: akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, dan yang terkait.

Umrah Hemat Berkah. Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi. (Mulai Rp. 18 juta-an!)
Haji Plus
Umroh Murah
Wisata Religi
LA + Visa
Ticketting
Travel Ustadz Al-Habsyi
Umroh Murah
Travel Hemat Berkah Mulai
Rp 18 Juta-an.
Biro Wisata Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi.
0813-8071-0102 (Willy)
0878-8190-3636 (Mevi)
0813-1951-0404 (Elvanny)
0822-1366-0707 (Isna)
0813-8071-0203 (Lia)
Ketuk Untuk Mengirim Whatsapp
~ Assalaamu 'alaikum Wr. Wb. Para jamaah yang Allah rahmati, sudah dibuka umrah tahun 2018-2019. Silahkan dipilih Paket Spektakuler, Super Spekta, Fantastis, dan lain-lain. Daftar segera sebelum seat penuh. Salam hangat. Wassalamu 'alaikum Wr. Wb. Alsha Travel ~

Laporan Eksklusif Kasus-kasus Umroh 2014 (4)

Laporan Eksklusif Kasus-kasus Umroh Sepanjang 2014 (4)


Artikel sebelumnya: Kasus-kasus Umroh Bagian-3





Kasus #4: Travel Umroh dan Haji Yang Bermasalah


Banyak travel umroh dan haji bermasalah yang menjanjikan dapat memberangkatkan calon jamaah dengan cepat dan biaya murah dibandingkan dengan travel lain yang sejenis.

Namun kenyataannya, calon jamaah tidak saja mengalami banyak masalah misalnya gagal berangkat, terlantar di bandara, fasilitas yang dijanjikan tidak sesuai dengan kenyataan bahkan uang jamaah pun turut dibawa lari oleh pemilik travel tersebut. (Dirangkum dari SoloPos.com Maret tahun 2014).


Jamaah umroh terlantar

Sebab

Banyaknya kasus tertipunya calon jamaah haji maupun umroh di tahun 2014 cukup memprihatinkan. Banyak dari mereka tidak mengetahui bagaimana memilih travel yang berpengalaman dan profesional.

Menurut salah seorang pemilik travel umroh dan haji, salah satu hal yang meragukan dari sebuah travel palsu adalah janji berangkat sesuai jadwal namun belum ada kepastian menyangkut seat (kursi) di pesawat. Sehingga hal ini mengakibatkan walaupun ada jadwal keberangkatan, namun kenyataannya tidak sesuai dengan jadwal yang telah dijanjikan sebelumnya.

Jadwal penerbangan yang tidak sesuai, akan menyebabkan jadwal kedatangan di Madinah Saudi Arabia mengalami perubahan sehingga akan muncul masalah lain seperti tidak mendapatkan hotel karena telah penuh dibooking oleh jamaah yang telah lebih dulu pesan dan membayar. Maka tak heran hal ini pernah menyebabkan calon jamaah haji dan umroh terlantar di Tanah Suci.


Pemerintah sebagai fasilitator mengharapkan agar masyarakat harus berhati-hati dan jeli dalam memilih travel perjalanan umroh.

Saat ini ibadah umroh semakin menjadi pilihan bagi masyarakat sambil menunggu keberangkatan haji yang lama akibat makin panjangnya antrian. Karena itu sangat penting bagi masyarakat agar memilih travel perjalanan umroh yang baik dan dapat dipercaya agar dapat menghindari kemungkinan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terutama sampai gagal berangkat atau bahkan tertipu sehingga kehilangan uang yang telah disetorkan.


Solusi

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah travel tersebut benar-benar dapat dipercaya atau palsu? Sebab semakin pesat dan kompetitif industri travel, tidak menutup kemungkinan munculnya travel-travel nakal yang tega menipu calon jamaah.

Salah satu cara menghindari penipuan ini adalah dengan menggunakan travel perjalanan yang direkomendasikan keluarga, kerabat, atau rekan-rekan Anda yang telah berangkat lebih dulu. Jika perlu, Anda dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya dan membandingkan sejumlah agen perjalanan untuk menemukan biro yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk memilih  travel umroh yang akan anda gunakan:

  1. Bila mendapat kesempatan untuk berkunjung ke kantor travel, perhatikan tampilan kantor. Travel perjalanan yang bonafit tentunya memiliki kantor yang baik dan tertata dengan baik.
  2. Perhatikan cara mereka memperlakukan calon konsumen, apakah mereka mendengar serta menjawab pertanyaan Anda dengan baik dan jelas. Travel perjalanan yang baik tidak sekadar mengejar transaksi. Mereka akan berusaha membangun hubungan komunikasi jangka panjang dengan klien. Anda harus mendapatkan penjelasan yang benar dan pasti mulai dari profil usaha travel tersebut hingga jenis jasa layanan yang disediakan.
  3. Pastikan travel yang Anda pilih memiliki izin umroh dari Departemen Agama Republik Indonesia. Paling baik izin tersebut langsung atas nama travel ybs. Minimal di situs webnya ada tautan/link untuk mengecek langsung secara online izin umrah tersebut.
Penting: Jika sebuah travel umroh mengklaim memiliki izin umroh resmi Kemenag RI, buktikan klaim izin umroh tersebut dengan mengakses langsung di situs Kemenag RI (lihat tautan "Mengecek legalitas travel umroh di website Kementrian Agama RI" di bawah tulisan ini) atau telepon Kementrian Agama RI untuk menanyakan izin umroh travel bersangkutan.

  1. Travel perjalanan yang terpercaya lazimnya memiliki jaringan kuat dengan industri pariwisata seperti asosiasi agen perjalanan, maskapai penerbangan, jaringan hotel, dan sebagainya. Agen memiliki jaringan yang luas mencerminkan agen tersebut memiliki kredibilitas yang baik. Beberapa keanggotaan profesional yang relevan diantaranya Abacus, Amphuri, ASITA, dan IATA.
  2. Anda perlu mengetahui pula pengalaman travel tersebut dalam menangani para calon jamaah. Hal ini agar anda mendapatkan kenyamanan selama melakukan ibadah di Tanah Suci.

Terakhir, hati-hati dengan travel yang dengan mudah memberikan janji-janji manis, memudahkan isu-isu dan resiko-resiko keberangkatan dan perjalanan, dan sering menggunakan kata-kata bombastis (terbaik, teraman, ternyaman, termurah, terpercaya, dan sebagainya) walau pun dengan data dan fakta (Nabi Muhammad SAW melarang memuji-muji produk atau jasa sendiri), apalagi tanpa data dan bukti nyata.

Demikian informasi tentang bagaimana memilih travel umroh dan haji terpercaya serta untuk menghindari penipuan yang akan merugikan Anda, keluarga Anda, dan/atau rekan-rekan yang berumroh bersama Anda. Semoga bermanfaat.


Hati-hati Biro Travel Tidak Berizin!

Standar minimal biaya umroh 1700 dollar AS


Informasi Terkait

Daftar Biro Travel Umroh Bermasalah:
http://haji.kemenag.go.id/v3/content/bpw-penelantar-76-jemaah-umrah-segera-dilaporkan-ke-bareskrim-polri

Kasus Penipuan Terhadap Jamaah Umrah Meningkat
Kasus.Penipuan.terhadap.Jemaah.Umrah.Meningkat

Cara Melihat Daftar Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) Berizin Resmi

http://haji.kemenag.go.id/v3/content/direktori-pihk-update-tanggal-16-mei-2016

Cara Melihat Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) Berizin Resmi
haji.kemenag.go.id/v3/content/cara-melihat-penyelenggara-umrah-berizin

Mengecek legalitas tavel umroh atau PPIU di website Kementerian Agama RI

http://haji.kemenag.go.id/v3/basisdata/daftar-ppiu
(ketikkan nama travel umroh di kotak pencarian dengan huruf besar, lalu klik tombol Cari)

Apa Maksud "Konsorsium" Penyelenggara Ibadah Umrah Menurut Kemenag RI?
(“Provider atau PPIU lainnya dilarang melakukan kerjasama atau konsorsium dengan travel wisata yang bukan PPIU,” tegas Anggito.) PPIU adalah singkatan dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah.
http://www.hidayatullah.com/berita/info-haji-umrah/read/2014/03/14/18171/banyak-jamaah-telantar-ini-seharusnya-pilih-travel-umrah.html

Waspadai Biro Perjalanan Haji "Konsorsium"
http://antarariau.com/berita/13037/kemenag:-waspadai-biro-perjalanan-haji-konsorsium.html

Cek kasus-kasus umroh 2014 lainnya di Google.


(Bersambung)


Catatan Penting:

Bagaimanapun, jangan kuatir, masih banyak travel-travel lain yang berizin resmi dan profesional yang mengutamakan kenyamanan dan kekhusyuan jamaah dalam meraih ibadah mabruur. Travel yang tetap menjaga kredibilitas dan integritas, dengan harga paket umrah yang wajar dan fasilitas standar+ sesuai rekomendasi Kemenag RI dan Amphuri.

Anda tinggal memilih travel tersebut sesuai preferensi Anda. Insyaa Allah dengan membandingkan minimal tiga buah travel berizin resmi dan berpengalaman, apapun travel itu, Anda, keluarga tercinta, dan rekan-rekan Anda akan terhindar dari travel-travel yang tidak bertanggungjawab.


Tersedia Paket Umroh Februari 2018 Spektakuler Rp. 18.500.000!!. Di Info Travel Umroh Lengkap.

Back To Top