Call: Willy | Mevi | Isna | Ifah | WA

Informasi terkait ibadah ke Tanah Suci untuk Anda: akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, dan yang terkait.

Umrah Hemat Berkah. Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi. (Mulai Rp. 18 juta-an!)
Haji Plus
Umroh Murah
Wisata Religi
LA + Visa
Ticketting
Travel Ustadz Al-Habsyi
Umroh Murah
Travel Hemat Berkah Mulai
Rp 18 Juta-an.
Biro Wisata Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi.
0813-8071-0102 (Willy)
0878-8190-3636 (Mevi)
0813-1951-0404 (Elvanny)
0822-1366-0707 (Isna)
0813-8071-0203 (Lia)
Ketuk Untuk Mengirim Whatsapp
~ Assalaamu 'alaikum Wr. Wb. Para jamaah yang Allah rahmati, sudah dibuka umrah tahun 2018-2019. Silahkan dipilih Paket Spektakuler, Super Spekta, Fantastis, dan lain-lain. Daftar segera sebelum seat penuh. Salam hangat. Wassalamu 'alaikum Wr. Wb. Alsha Travel ~

ONH Biasa/Reguler vs ONH PLUS

ONH Plus vs ONH Biasa


Pemerintah telah menetapkan ONH (Ongkos Naik Haji) plus lebih tinggi daripada ONH regular atau biasa. Hal ini berkaitan dengan jenis layananan dan fasilitas yang lebih baik daripada ONH Reguler.

Pemerintah dan DPR telah menetapkan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) atau dikenal juga dengan sebutan ONH tahun 2014/1435 H sebesar 3,219 US Dollar. Sedangkan ONH Plus ditetapkan sebesar 9,500 US Dollar.

Bila kita memutuskan untuk menggunakan ONH Plus maka kita akan mendapatkan jenis akomodasi, fasilitas dan pelayanan yang lebih baik daripada bila kita menggunakan ONH Reguler. Selain itu biaya ONH Plus juga lebih besar daripada ONH Reguler seperti yang telah ditetapkan diatas.

Misalnya letak hotel yang relative lebih dekat dengan tempat ibadah, menu makanan yang lebih baik tanpa kita repot harus mencari atau memasak sendiri di pemondokan seperti yang terjadi bila kita memilih ONH Reguler.

Baik ONH Plus maupun ONH Reguler tetap akan mendapatkan bimbingan dari kelompok pembimbing haji (KBIH). Baik secara syariat atau rukun yang harus dilakukan tetap sama antara jamaah ONH Plus dan ONH Reguler, tidak ada perbedaan walaupun bagi jamaah ONH Reguler akan mendapatkan waktu yang lebih panjang daripada jamaah ONH Plus. Bila kita memilih ONH Plus, jangka waktu akan dimampatkan menjadi lebih pendek ketimbang ONH Reguler. Dari segi waktu pemberangkatan, jamaah bisa memilih ONH Plus yaitu tinggal hanya selama kurang lebih 6 hari saja. ONH Reguler bisa mencapai hampir satu bulan tinggal.

Biaya ONH bervariasi besarannya setiap tahun sesuai dengan fluktuasi atau naik turunnya nilai tukar mata uang asing dan kondisi perekonomian.

Penetapan ONH dilakukan oleh Presiden atas usul menteri Agama setelah mendapatkan persetujuan DPR yang selanjutnya dapat digunakan untuk keperluan penyelenggaraan ibadah haji tahun tersebut.

Komponen yang menjadi tolok ukur penetapan ONH antara lain telah ditetapkan dalam bentuk mata uang US Dollar untuk biaya penerbangan Indonesia-Arab Saudi pergi pulang dan biaya operasional selama tinggal di Arab Saudi. Sedangkan biaya tambahan dalam rupiah ditetapkan untuk biaya operasional dalam negeri.

Biaya operasional di Arab Saudi yang harus dibayarkan oleh Pemerintah Indonesia kepada penyedia pelayananan haji di Arab Saudi meliputi biaya wajib yang terdiri atas general service, akomodasi di Makkah, Madinah dan Madinatul Hujjaj, konsumsi dan transportasi. Sedangkan biaya operasional meliputi belanja pegawai atau honoraririum petugas, belanja barang, belanja perjalanan, sewa gedung dan pemeliharaan serta biayahidup ( living cost ) bagi jamaah haji selama di Arab Saudi.

Biaya operasional dalam negeri adalah biaya yang digunakan untuk penyelenggaraan operasional Pusat, biaya operasional di embarkasi, biaya operasional di daerah, airport tax dan biaya jasa administrasi bank.

Selain biaya-biaya diatas, jamaah haji juga masih harus menanggung biaya pemeriksaan kesehatan (diantaranya vaksin meningitis), perjalanan dari daerah asal ke asrama embarkasi dan sebaliknya, termasuk biaya Dam atau kewajiban menyembelih kambing atau unta dan sapi yang dikenakan kepada jamaah haji yang tidak melaksanakan salah satu atau lebih kewajiban haji sesuai yang telah disyariatkan.

Mengapa ONH Plus bisa lebih mahal daripada ONH Reguler ? Karena Pemerintah bekerja sama dengan pihak swasta yaitu perusahaan penyelenggaraan ibadah haji khusus dan umrah yang telah mendapat ijin dari Departemen Agama.

Walaupun ONH Plus sering menawarkan fasilitas yang lebih baik, namun bukan berarti hal ini akan menjadikan seseorang hajinya lebih mabrur ketimbang yang menggunakan ONH Reguler. Bisa saja yang menggunakan ONH Reguler malah lebih khusyuk beribadah karena periode waktu tinggal yang lebih lama sehingga relative lebih khusyuk dan tenang, tidak diburu-buru waktu.

Demikian informasi tentang ONH Plus dan Reguler ini dipaparkan, kiranya agar para calon jamaah dapat memilih dengan bijak sesuai dengan kemampuan keuangannya dan fasilitas yang diinginkan.


Penulis: Trina Tri Nawangsih

Back To Top