Call: Willy | Mevi | Isna | Ifah | WA

Informasi terkait ibadah ke Tanah Suci untuk Anda: akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, dan yang terkait.

Umrah Hemat Berkah. Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi. (Mulai Rp. 18 juta-an!)
Haji Plus
Umroh Murah
Wisata Religi
LA + Visa
Ticketting
Travel Ustadz Al-Habsyi
Umroh Murah
Travel Hemat Berkah Mulai
Rp 18 Juta-an.
Biro Wisata Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi.
0813-8071-0102 (Willy)
0878-8190-3636 (Mevi)
0813-1951-0404 (Elvanny)
0822-1366-0707 (Isna)
0813-8071-0203 (Lia)
Ketuk Untuk Mengirim Whatsapp
~ Assalaamu 'alaikum Wr. Wb. Para jamaah yang Allah rahmati, sudah dibuka umrah tahun 2018-2019. Silahkan dipilih Paket Spektakuler, Super Spekta, Fantastis, dan lain-lain. Daftar segera sebelum seat penuh. Salam hangat. Wassalamu 'alaikum Wr. Wb. Alsha Travel ~

Peristiwa Lucu dan Unik Saat Haji dan Umroh


Bayi tertawa senyum lucu


Umroh dan Haji: Peristiwa Lucu dan Unik


Ada banyak peristiwa lucu yang terjadi baik disengaja ataupun tidak oleh jamaah haji atau umroh. Umumnya terjadi pada jamaah yang berasal dari desa atau daerah, atau jamaah ibukota yang baru pertama kali naik pesawat.

Hal ini bisa diakibatkan karena kurangnya pengetahuan tentang tempat yang akan dikunjungi atau ditinggali selama ibadah haji atau umroh maupun kurangnya kepedulian para pembimbing untuk menjelaskan teknis pelaksanaan, tempat atau hotel yang akan ditinggali selama ibadah serta sarana transportasi yang digunakan.


Penggunaan Toilet Duduk di Pesawat

Toilet di pesawat
Toilet di pesawat

Wakil Amirul Haj, KH Hasyim Muzadi menuturkan pengalaman unik saat mendampingi jamaah haji dari Jawa Timur. Akibat ketidaktahuan mereka tentang bagaimana menggunakan toilet duduk di pesawat, maka yang terjadi adalah toilet pesawat menjadi sangat bau karena ada yang tidak tahu kalau harus duduk saat menggunakannya, atau malah yang buang air kecil di lantainya. Yang lebih parah, mereka tidak tahu kegunaan tombol flush untuk menggelontor  kotoran setelah buang air besar.


Contoh lain toilet di pesawat
Contoh lain toilet di pesawat. Perhatikan tombol FLUSH yang berwarna biru untuk menyiram air ke dalam toilet setelah selesai hajat buang air kecil atau besar.

Beberapa contoh tombol flush
Beberapa contoh tombol FLUSH di pesawat pada penerbangan yang berbeda. 

Penggunaan Westafel di Hotel

Begitu juga saat berada di penginapan, hal yang sama juga terjadi. Bahkan salah seorang jamaah tidak tahu fungsi wastafel yang merupakan tempat cuci tangan atau muka, namun mereka menggunakannya untuk kencing. Hal tersebut diketahui oleh Amirul Haj, ketika salah satu jamaah mengeluh mengapa tempat buang air kecilnya terlalu tinggi sehingga dia harus memanjat kursi untuk bisa pipis hahahaha…


Kisah Lucu Lainnya

Kisah lucu lainnya, akibat kepercayaan terhadap hukum karma dan keajaiban-keajaiban yang terjadi di Tanah Suci yang diceritakan oleh orang-orang yang pernah pergi ke sana lebih dulu. Hal ini berkaitan dengan apa yang telah kita lakukan selama di Tanah Air sebelumnya.


Kisah Wartawan

Seperti kisah seorang wartawan yang meliput perjalanan haji. Karena kesombongannya dia tersesat daalam perjalanan pulang dari Masjidil Haram menuju hotel tempat menginap, sehingga menjadi kelakar bagi jamaah lain, “Biasanya wartawan yang memberitakan jamaah haji yang tersesat, sekarang yang tersesat justru wartawannya sendiri hehehe”.

Waktu itu si wartawan  berkata dalam hati “Saya tak mungkin tersesat, kan sudah terbiasa pergi keluar negeri”, ternyata dia tersesat cukup lama sehingga tidak dapat menemukan hotel tempat ia menginap.


Jamaah Sa'i

Pengalaman lucu lainnya saat jamaah melaksanakan sa’i. Di tempat melaksanakan sa’i memang telah disediakan kendaraan listrik roda tiga yang biasanya disewa oleh orang yang sudah tua atau cacat untuk melaksanakan sa’i karena tidak kuat berjalan. Namun kenyataannya, kendaraan listrik tersebut juga digunakan oleh anak-anak yang ikut serta dalam ibadah haji atau umroh. Jadilah arena sa’i menjadi semacam arena balapan bagi anak-anak.

Lebih lucu lagi ketika ada orang-orang dewasa yang sebenarnya dalam kondisi sehat wal afiat turut menggunakannya karena kuatir anak-anak akan menggunakannya untuk kebut-kebutan atau menjadi rusak. Bagaimana lagi, namanya juga anak-anak, diminta berhenti malah menangis sehingga mengganggu kekhusyukan ibadah, akhirnya kemudi kendaraan listrik diambil alih oleh ayah atau ibunya.

Tapi daripada anak-anak pada berisik, akhirnya kadang yang sering terjadi adalah: sang anak membonceng ayah ibunya yang seharusnya sedang serius mengerjakan sa’i atau si anak yang BM kursi roda listrik orang tuanya... hehehe..


Anak-anak yang ikutan Sa'i
Jiaaha.. anak-anak yang ikutan ortunya Sa'i malah kayak lagi pada main bom-bom-car yah..
Hiba hiba handree.. hahaa..  Yo wis lah gpp, namanya juga anak-anak .. :)

Alat Komunikasi Handphone

Kebiasaan kebanyakan jamaah asal Indonesia yang tak bisa lepas dari handphone juga bisa menjadi kejadian lucu, terutama bila lupa mematikan atau mengubahnya menjadi mode getar. Bayangkan di tengah keheningan suasana masjidil haram , ketika suara imam masjid terdengar merdu melantunkan ayat suci Al Qur’an saat shalat berjamaah tiba-tiba terdengar suara ring tone handphone lagu dangdut berbunyi nyaring “…goyang dombrettt..ooii..goyang dombreett….”.

Tak terkirakan betapa malunya ketika selesai shalat dan seluruh jamaah di samping kiri kanannya yang berasal dari negara lain memandangnya sambil menahan tawa. Apalagi kalau ada jamaah lain yang juga berasal dari Indonesia. Masih untung hanya tersenyum atau nyengir, kalau mendapat teguran? Olalala..malunyaaa…. Semoga kita ingat untuk selalu mematikan alat komunikasi saat ibadah yah. Aamiin Yaa Rabbal 'aalamiin.

Nantikan artikel peristiwa unik lainnya di blog Alsha Tours.

Oleh: Trina Trinawangsih

Back To Top