Call: Willy | Mevi | Isna | Ifah | WA

Informasi terkait ibadah ke Tanah Suci untuk Anda: akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, dan yang terkait.

Umrah Hemat Berkah. Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi. (Mulai Rp. 18 juta-an!)
Haji Plus
Umroh Murah
Wisata Religi
LA + Visa
Ticketting
Travel Ustadz Al-Habsyi
Umroh Murah
Travel Hemat Berkah Mulai
Rp 18 Juta-an.
Biro Wisata Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi.
0813-8071-0102 (Willy)
0878-8190-3636 (Mevi)
0813-1951-0404 (Elvanny)
0822-1366-0707 (Isna)
0813-8071-0203 (Lia)
Ketuk Untuk Mengirim Whatsapp
~ Assalaamu 'alaikum Wr. Wb. Para jamaah yang Allah rahmati, sudah dibuka umrah tahun 2018-2019. Silahkan dipilih Paket Spektakuler, Super Spekta, Fantastis, dan lain-lain. Daftar segera sebelum seat penuh. Salam hangat. Wassalamu 'alaikum Wr. Wb. Alsha Travel ~

Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qodar

power+lail


Malam Seribu Bulan yang Sangat Ditunggu

Malam lailatul Qadr merupakan malam yang paling ditunggu-tunggu oleh umat islam pada masa puasa Ramadhan berlangsung.

Karena pada malam ini, begitu banyak keistimewaan dan pahala yang didapatkan oleh umat Islam. Khususnya bagi mereka yang memanfaat ibadah secara intens di bulan ramadhan. Juga bagi mereka yang sengaja melaksanakan I’tikaf di masjid-masjid, demi menunggu datangnya malam seribu bulan ini.

Betapa tidak, saking istimewanya bulan ini. Segala amalan ibadah dilipatgandakan pahalanya dan lebih baik dari seribu bulan. Adalah berkah tersendiri bagi siapa saja yang beruntung mendapatkan berkah lailatul qadr ini. Dan tentunya diperlukan proses dan ketekunan dalam beribadah di bulan ramadhan. Agar keutamaan dan dahsyatnya malam lailatul qadr dapat dirasakan olehkaum muslimin.

Akan tetapi, tak seorang pun yang mengetahui kapan tepat datangnya malam lailatul qadr ini. Melainkan hanya mengira berdasarkan tanda-tanda saja datangnya malam lailatul qadr itu. Yang Maha Mengetahui hanyalah Allah subhanahu wa ta’ala saja.

Maka dari itu, bagi kaum muslimin yang memanfaatkan betul momen ramadhan tersebut. Mereka tentunya akan berbondong-bondong melaksanakan I’tikaf, khususnya pada 10 malam terakhir di bulan ramadhan. Demi mendapatkan berkah malam lailatul qadr tersebut.


Tanda-Tanda Datangnya Lailatul Qadr 

Nah, apa saja sih tanda-tanda dari datangnya malam lailatul qadr? Mari kita baca sama-sama:

Syeikh Yusuf al Qaradhawi mengatakan bahwa tanda-tanda fisik dari lailatul qadr, belum tentu dapat menjadikan keyakinan bahwa di hari tersebut telah datang lailatul qadr. Karena dipandang secara logika saja, masing-masing wilayah negri berbeda cuaca dan iklimnya satu sama lain.

“Negeri-negeri itu berbeda dalam hal panas dan dingin, muncul dan tenggelamnya matahari, juga kuat dan lemahnya sinarnya. Karena itu sangat tidak mungkin bila tanda-tanda itu sama di seluruh belahan bumi ini.” (Fiqih Puasa hal 177 – 178)

Menurut Prof Nasaruddin Umar, pada malam lalilatul qadr. Para Malaikat akan turun secara bergerombol dalam jumlah banyak dan terjadi hanya pada malam dan hari itu saja. Ada pula yang mengartikan malam lailatul qadr berdasarkan artinya. Yakni Laila artinya malam, malam bisa berarti kepasrahan, keheningan, tawakal, kesyahduan, kerinduan, kehangatan, juga kekhusyukan.

Dr Lutfi Fathullah MA selaku pakar di bidang hadist mengatakan, Begitu istimewanya Laailatul Qadar itu, sampai-sampai Rasulullah salallaahu ‘alaihi wa sallam mengajak semua sahabatnya, istri-istrinya juga termasuk kepada para pembantu-pembantunya untuk memperbanyak melaksankan ibadah pada 10 hari terakhir ramadhan. Oleh sebab itu, saat istri-istri Rasulullah diminta untuk mencari Lailatul Qadar, Aisyah Radhiyallaahu ’anhu berkata, Ya Rasulullah bagaimana kalau saya yang mendapatkan? Apa yang harus saya baca? Minta rumah, minta kekayaan atau minta yang lainnya?

Doa Lailatul Qadr


Doa yang Diperbanyak Dibaca Saat Lailatul Qadr di 10 hari Terakhir Ramadhan 

Adapun doa yang diajarkan Rasulullah kepada Asiyah radhiyallaahu ‘anhu yaitu, ”Allahumma innaka afuwwun karim tuhibbul afwa fa’fu anni (Ya Allah Engkalau Yang Maha Pengampun Lagi Maha Pemurah, Engkau senang mengampuni hamba-hambaMu karena itu ampunilah dosa-dosaku).”

Menurut para ulama, tanda-tanda kedatangan malam lailatul qadr yaitu seperti di dalam hadist berikut ini:

Rasulullah SAW ditanya tentang tanda-tanda malam Lailatul Qadar. Nabi salallahu ‘alaihi wa sallam berkata: Ialah malam yang cerah, pada malam itu tiada panas, tiada hujan, tiada angin, tiada bintang (meteor) diluncurkan (dilemparkan) dan paginya matahari terbit tidak dengan sinar yang menyilaukan.

Wallahu a’lam bisshawwab. Semoga banyak dari kita umat muslim mendapatkan berkah dari lailatul qadr tersebut. Aamiin yaa Rabbal ‘aalamiin.

Back To Top