Call: Willy | Mevi | Isna | Ifah | WA

Informasi terkait ibadah ke Tanah Suci untuk Anda: akomodasi, jadwal penerbangan, manasik, dan yang terkait.

Umrah Hemat Berkah. Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi. (Mulai Rp. 18 juta-an!)
Haji Plus
Umroh Murah
Wisata Religi
LA + Visa
Ticketting
Travel Ustadz Al-Habsyi
Umroh Murah
Travel Hemat Berkah Mulai
Rp 18 Juta-an.
Biro Wisata Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi.
0813-8071-0102 (Willy)
0878-8190-3636 (Mevi)
0813-1951-0404 (Elvanny)
0822-1366-0707 (Isna)
0813-8071-0203 (Lia)
Ketuk Untuk Mengirim Whatsapp
~ Assalaamu 'alaikum Wr. Wb. Para jamaah yang Allah rahmati, sudah dibuka umrah tahun 2018-2019. Silahkan dipilih Paket Spektakuler, Super Spekta, Fantastis, dan lain-lain. Daftar segera sebelum seat penuh. Salam hangat. Wassalamu 'alaikum Wr. Wb. Alsha Travel ~

Tips Berkomunikasi Asik Saat Umroh/Haji

Umroh Plus: Menggunakan media komunikasi di Tanah Suci

Seorang jamaah umroh menggunakan media dan paket komunikasi di Tanah Suci untuk memperlihatkan Kabah dan Masjidil Haram secara live kepada anggota keluarganya di rumah.



Umroh Plus Series: Komunikasi dengan Keluarga Saat Umroh


Tips Asik dan Nyaman Berkomunikasi dengan Keluarga di Tanah Air


Umroh dan haji merupakan salah bentuk ibadah dalam agama Islam yang harus dilaksanakan ketika kita memiliki kemampuan baik mampu dalam hal kesehatan dan harta. Umroh dan haji adalah kegiatan ziarah atau mengunjungi Baitullah di Mekkah dan melaksanakan serangkaian kegiatan ibadah di Madinah.

Ketika kita melaksanakan ibadah tersebut, tentu saja kita meninggalkan keluarga di Indonesia, sebagian orang tua mungkin meninggalkan anak-anaknya di rumah bersama keluarga mereka, karena itu alat atau sarana komunikasi sangat penting adanya, agar kegiatan ibadah mereka khusyu ketika mengetahui orang-orang tercinta yang mereka tinggalkan di Tanah Air dalam kondisi baik-baik saja. Dan juga sebaliknya, keluarga di tanah air mengetahui keberadaan anggota keluarganya yang sedang berada di Tanah Suci, dalam keadaan sehat wal afiat tidak kurang suatu apapun.


Alat-alat Komunikasi dan Kode Internasional


Alat-alat komunikasi banyak macamnya. Mulai dari handphone yang paling sederhana tanpa fitur-fitur tambahan hingga smartphone dan tablet untuk berbagi foto kegiatan selama haji dan umroh selain dan melakukan panggilan video (video call) sebagai alat komunikasi. Melalui fitur tambahan, kita tidak hanya bisa menelepon atau berkirim pesan melalui sms, namun dapat bercakap secara langsung menggunakan skype yang tentu saja membutuhkan jaringan internet.


Alat komunikasi modern
Contoh jenis alat komunikasi modern yang bisa digunakan untuk berkomunikasi baik via jalur telepon maupun internet.


Hanya saja yang sangat perlu diperhatikan ketika kita memakai alat-alat komunikasi yang kita miliki untuk menghubungi keluarga adalah bahwa kita harus menggunakan kode internasional beserta tariff-tarif tertentu. Sehingga ada banyak hal yang harus kita perhatikan agar dapat berkomunikasi dengan nyaman dan aman, dalam hal biaya komunikasi dan cara berkomunikasinya.


Bagaimana Menghubungi Keluarga Di Tanah Air?


Apabila kita hendak menghubungi keluarga di tanah air, maka kita akan menggunakan fasilitas Sambungan Langsung Internasional (SLI) sesuai operator telepon atau seluler yang kita pakai. Untuk menghubungi keluarga di tanah air, pastikan kita telah menekan kode negara Indonesia yaitu +62 sebelum memasukkan nomer telepon keluarga yang kita hubungi di tanah air. 

Demikian pula sebaliknya, ketika keluarga akan menghubungi kita, sebelum memasukkan nomer handphone yang akan dituju harus memasukkan kode negara Arab Saudi yaitu +966

Gunakan kode negara Indonesia yaitu +62 untuk menelepon ke tanah air.
Gunakan kode negara Indonesia yaitu +62 untuk menelepon ke tanah air. Dan kode negara +966 untuk menelepon ke Saudi Arabia.


Biaya Roaming Internasional: Rp. 30.000/menit


Yang perlu di waspadai adalah biaya roaming internasional ketika anda menerima telepon dari Indonesia. Sehingga anda harus memberikan pengertian kepada keluarga yang ditinggalkan agar hanya menelpon atau sms pada saat kondisi yang sangat darurat saja atau tidak terlalu sering, karena biaya roaming internasional adalah Rp 30.000,- per menit.

Untuk komunikasi yang tidak terlalu urgent dan bahkan bisa berlama-lama dapat dilakukan menggunakan media internet melalui skype atau video call (dapat bertatap muka asal di gadgetnya ada kamera depan dan sudah diinstal skype atau program sejenis). Jika mengetahui nama dan password untuk melakukan koneksi wi-fi di hotel tempat Anda tinggal dan sudah terkoneksi dengan jaringan wi-fi hotel yang memiliki fasilitas interent, maka biaya video call dengan Skype ke anggota keluarga di tanah air ini adalah gratis.


Berkomunikasi panggilan video dengan Skype
Berkomunikasi panggilan video (video call) dengan Skype menggunakan sambungan internet wi-fi di hotel.


Tarif Layanan Sambungan Internasional (SLI) Berbagai Operator di Indonesia


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut akan disampaikan tips cara berkomunikasi aman dengan menggunakan salah satu provider telekomunikasi di Indonesia (syarat dan ketentuan berlaku dan bisa jadi berubah sesuai ketetapan provider tersebut). Silahkan diperhatikan, anda menggunakan simcard yang mana. Anda dapat menggunakan simcard baru untuk handphone yang anda rasa lebih murah.


Indosat (Mentari, M3, Matrix):  5,000/menit.

Tarif yang ditetapkan oleh Indosat untuk menelpon adalah Rp 5.000/menit. Setelah dua menit menelepon, pengguna mendapat hadiah satu menit menelepon secara cuma-cuma. Paket Blackberry dan internet sepuasnya ditetapkan Rp 19.000,00 per hari. Sementara, untuk keluarga di tanah air yang ingin menghubungi jemaah di Arab Saudi, Indosat menyediakan tarif khusus melalui flatcall ke 01016. Lihat informasi detail dan cara setingnya di artikel Indosat.


XL: Rp 3,500/menit

Untuk layanan paket Blackberry, XL mematok tarif Rp 50.500/hari, tarif menelepon ke Indonesia Rp 8.000/menit, menerima telepon (dari Indonesia) Rp 2.000/menit, dan SMS Rp 850 per pesan. Lengkapnya bisa dilihat di Promo Haji dan Umroh XL.


Telkomsel: Rp 5,000/menit

Untuk menelepon ke Indonesia, Telkomsel mematok harga Rp 5.000/menit dan SMS ke mana saja Rp 500 per pesan. Selain itu, untuk akses Blackberry Roaming, Telkomsel mematok tarif Rp 20.000/hari dan akses unlimited data roaming Rp 50.000/hari. Lihat informasi Promo Umrah 2016 Telkomsel.


Operator Arab Saudi: Mobily, STC, Al Jawwal (SAWA), atau Zain/Zein


Solusi lain agar mendapatkan tarif yang lebih murah adalah dengan menggunakan simcard dari provider negara Arab Saudi, salah satunya adalah Mobily, STCAl Jawwal (SAWA) dan Zain/Zein.


Beberapa operator seluler dan internet di Arab Saudi
Beberapa operator seluler dan internet terkenal di Arab Saudi.


Biasanya kartu perdana tersebut dapat dengan mudah kita jumpai di Mekkah atau Madinah. Tarifnya untuk menelepon ke Indonesia selama 5 menit biayanya sekitar 12-13 real atau setara dengan Rp 30.000 – Rp 35.000. Untuk sekali SMS, dikenai biaya sekitar 0.6 halalah atau kurang lebih setara dengan Rp 1.300. 

Jika berkomunikasi dengan jemaah haji yang sama-sama menggunakan nomor Arab Saudi, harganya jauh lebih murah,yaitu  5 menit sekitar 1 real (Rp 2.500). Pemerintah Arab Saudi menerbitkan aturan terbaru untuk ketertiban administrasi yaitu jemaah harus menunjukkan paspor pada saat membeli kartu tersebut.

Hanya, karena pertimbangan bahwa umrah dan haji difokuskan untuk ibadah, komunikasi sebaiknya digunakan seperlunya saja dan tetap menggunakan sim card dari operator Indonesia. Agar ibadah khusyu dan tidak membingungkan jamaah mengenai nomor dan paket berkomunikasi. Penggunaan sim card operator seluler Arab Saudi biasanya akan lebih tepat untuk yang akan tinggal di Arab Saudi lebih lama misal beberapa bulan untuk keperluan bisnis atau beberapa tahun untuk keperluan dinas dan sejenisnya.

Demikian informasi yang disampaikan semoga bermanfaat agar dapat para jamaah dapat berkomunikasi dengan keluarganya secara nyaman dan aman, tidak membuat kantong jebol karena biaya komunikasi yang mahal.

Selamat berumrah dan berhaji dengan khusyu dan tetap terkoneksi dengan keluarga tercinta di tanah air dengan rasa syukur dan bahagia atas semua nikmat Allah kepada kita semua yang tidak ada putus-putusnya hingga saat dan selamanya. Aamiin Yaa Rabbal 'aalamiin.


Oleh: Trina Trinawangsih & Ida Sri Harsanti


Ingin tahu apa rahasia menjadi yang terbaik? Jawabannya ada di: Umroh Plus Turki, Be GreatYou!

Back To Top