Call: Willy | Mevi | Isna | Ifah | WA

Tips Menyambut Bulan Puasa Ramadhan 1439 Hijriyah (2018 Masehi) untuk Persiapan Ramadhan yang Barokah.

Umrah Hemat Berkah. Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi. (Mulai Rp. 18 juta-an!)
Haji Plus
Umroh Murah
Wisata Religi
LA + Visa
Ticketting
Travel Ustadz Al-Habsyi
Umroh Murah
Travel Hemat Berkah Mulai
Rp 18 Juta-an.
Biro Wisata Resmi Ust. Ahmad Al-Habsyi.
0813-8071-0102 (Willy)
0878-8190-3636 (Mevi)
0813-1951-0404 (Elvanny)
0822-1366-0707 (Isna)
0813-8071-0203 (Lia)
Ketuk Untuk Mengirim Whatsapp
~ Assalaamu 'alaikum Wr. Wb. Para jamaah yang Allah rahmati, sudah dibuka umrah tahun 2018-2019. Silahkan dipilih Paket Spektakuler, Super Spekta, Fantastis, dan lain-lain. Daftar segera sebelum seat penuh. Salam hangat. Wassalamu 'alaikum Wr. Wb. Alsha Travel ~

Tips Menyambut Bulan Puasa Ramadhan 1439 H. (2018)

Tips Menyambut Bulan Puasa Ramadhan 2018 (1439 Hijriyah)

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa." (QS. Al Baqarah: 183)
Tips Menyambut Bulan Puasa Ramadhan 1439/2018 ~ Bagi Anda umat Islam tentunya sudah menanti-nantikan kedatangan bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah yang akan segera ditetapkan kepastian tanggal 1 Ramadhan-nya oleh pemerintah Republik melalui Kementrian Departemen Agama.

Pemerintah dalam hal ini menetapkan 1 Ramadhan 1439 Hijriyah dengan metode rukyah diikuti sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1439 Hijriyah.

Perkiraan tahun ini awal dan akhir Ramadhan akan serempak dan tidak ada perbedaan di antara pemerintah dan ormas Islam. Perkiraan awal Ramadhan 1439 Hijriyah jatuh di hari Kamis 17 Mei 2018 dan 1 Syawal 1439 H bertepatan dengan hari Jumat 15 Juni 2018.


Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan


Karena sudah semakin dekatnya kedatangan bulan suci Ramadhan penuh berkah, maka sebagaimana di artikel sebelumnya, yang dimuat di website ini, umat Islam yang beriman sudah mulai bersiap-siap menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan ini dalam keadaan bersuka ria.

Ada orang-orang yang Ada orang-orang yang bersiap-siap membeli bahan makanan pokok, ada yang menyiapkan keperluan mudik, membuat jadual menghadiri kajian Islam, merencanakan mengikuti jadual i’tikaf di bulan yang suci ini, baik di tanah air atau di tanah suci, dan bahkan ada yang menyiapkan diri untuk berumroh atau persiapan untuk berhaji di Tanah Suci.

Untuk lebih dapat menyambut Ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya dan tidak ada satupun yang terlupakan, berikut ini tip-tip yang semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Tujuannya adalah semua hal yang diperlukan untuk menyambut dan melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan ini mencapai hasil yang optimal, mendapat semua rahmat dan keberkahan yang datang dengan bulan Ramadhan, memohon ampunan kepada Allah SWT atas semua dosa yang telah lalu.

Dan akhirnya kita menggapai ridho-Nya dengan diselamatkan kita dari api neraka akibat semua dosa-dosa kita sebelumnya. Juga bisa mendapat pelajaran dan hikmah bulan Ramadhan untuk diaplikasikan setelah Idul Fitri nanti.

Tips Menyambut Bulan Puasa Ramadhan 2018/1439 Hijriyah

  1. Usahakan bisa membeli semua kebutuhan bahan makanan seperti daging dan sayuran terutama yang akan dimasak dan disajikan untuk menyambut keluarga besar dan tetangga yang akan berkunjung saat Ramadhan dan hari raya Idul Fitri nanti dan bahan makanan ini segera dimasukkan ke dalam freezer.
Hal ini dimaksudkan supaya semua kebutuhan bahan makanan sudah tersedia dan tidak mengganggu kekhusyuan ibadah Anda baik ibadah puasa dan ibadah lainnya selama bulan Ramadhan.
  1. Apakah Anda sudah memiliki rencana-rencana di bulan Ramadhan nanti seperti acara kantor, acara komunitas, mengundang tamu yang tidak mampu untuk berbuka bersama, berpartisipasi dalam acara berbuka bersama, atau acara perjalanan lainnya seperti , mengunjungi panti asuhan, sekolah-sekolah kurang mampu, wisata masjid, atau umroh dan haji? 
  1. Jika iya, maka seperti tip pertama di atas, Anda bisa mengusahakan apa-apa yang akan diperlukan nanti disiapkan sebelum masuk bulan Ramadhan sehingga Anda bisa fokus pada rencana ibadah di bulan Ramadhan nanti.
  1. Mulai membiasakan diri dengan jadual harian pada bulan Ramadhan seperti tidur lebih cepat (misal paling lambat pukul 10 malam), bangun lebih awal (misal untuk tahajjud dan tilawah Al Qur’an sekitar jam 3 pagi dilanjutkan dengan makan sahur dan shalat shubuh berjamaah di masjid bagi kaum pria.)
  1. Merencanakan aktifitas alternatif untuk perubahan kebiasaan dan jadual di bulan Ramadhan misalnya setelah shalat shubuh berjamaah bisa melakukan olahraga pagi bersama keluarga. 
Agar lebih efektif pelaksanaannya, bisa mulai ditentukan jadual dan tujuan tempat olahraga paginya selama sebulan supaya lebih baik dan optimal. Jadual sebulan ini bisa Anda variasikan kembali untuk penggunaan setelah bulan Ramadhan.
  1. Puasa atau membayar fidyah membayar hutang batal puasa di bulan Ramadhan yang telah lalu.
  1. Puasa sunnah Senin-Kamis atau puasa Sya’ban untuk mulai mengadaptasikan perut dan jadual makan dengan puasa full 1 bulan di bulan Ramadhan nanti.
  1. Mengkaji kembali pemakaian waktu keluarga yang bisa dioptimalkan. Misal pemilihan acara-acara TV yang bermanfaat dan mengganti waktu nonton TV yang kurang bermanfaat dengan diskusi keluarga yang sudah ditentukan sebelumnya jadual dan topik yang kontekstual dan diperlukan oleh keluarga (memanfaatkan dengan baik momen Ramadhan untuk menyampaikan edukasi kepada keluarga).
  1. Memperbaiki bacaan Al Qur’an (mengikuti program tahsin tilawah di masjid sekitar Anda) jika masih kurang benar dan kurang lancar sehingga bisa menikmati membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan dan setelahnya kemudian.
  1. Siapkan DVD/CD/kaset/ siaran radio ceramah dan tilawah Al Qur’an dalam mobil Anda sebagai teman di perjalanan. Juga untuk yang sangat mobile dan ada mini bar di mobilnya, bisa menaruh kurma dan yang memiliki holder untuk heater bisa menyiapkan saset teh celup dan gula saset seperti tropicana atau diabetasol.
  1. Menyiapkan dan memanfaatkan program-program Ramadhan yang sangat banyak, memilihnya mana yang cocok dalam hal isi dan waktu untuk Anda dan keluarga.
  1. Menyiapkan diri untuk lebih bersabar dan tetap berpikiran jernih dan terbuka saat menjumpai masalah sehingga dapat lebih tenang dan tajam dalam memutuskan altenatif penyelesaian masalah tersebut untuk win-win solution.

Check List Yang Perlu Disiapkan Juga

  1. Jadual Imsakiyah Ramadhan 2018/1439 Hijriyah
  2. Catatan unjuk kerja kemajuan pribadi pelaksanaan ibadah Ramadhan 2018/1439 Hijriyah
  3. Pengingat waktu dan jadual aktifitas seperti agenda saku, handphone, dan tablet.
  4. Jadual program televisi yang telah Anda tetapkan wajib ditonton untuk keluarga selama bulan Ramadhan 2018.
  5. Dan mengganti aktitifas nonton TV lainnya dengan yang lebih bermanfaat seperti diskusi keluarga. Agar bervariasi perlu ditentukan dari sekarang topik diskusi apa saja yang akan diselesaikan secara berseri di bulan Ramadhan. 
  6. Jadual detail harian pembagian waktu untuk diri sendiri (istirahat, ibadah, bekerja, dan aktifitas harian lainnya), keluarga, kerabat, rekan-rekan, dan lainnya.

Dari kesekian Tips Menyambut Bulan Puasa Ramadhan ini, dapat diringkaskan persiapan-persiapan tersebut mencakup persiapan fisik, pikiran/ilmu, semangat dan emosi, keuangan, dan akhirnya target peningkatan kualitas diri dengan mengambil hikmah-hikmah Ramadhan yang kontekstual khususnya untuk diri Anda dan keluarga Anda (dalam istilah kerennya sustainable continuous improvement). Maka dalam rangka continus improvement dalam hal beribadah, ibadah umroh yang murah & sesuai sunnah pun bisa menjadi salah satu kegiatan yang tak boleh dilewatkan.

Karena inilah tonggak ukuran untuk peningkatan diri selanjutnya secara kesinambungan sebagai hasil persiapan menyambut bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya.

Kami dan segenap keluarga besar Alsha Tours mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadhan 1439 Hijriyah. Mohon maaf lahir dan bathin. Tentang kami.



Pencarian Terkait di Google

tips menyambut bulan puasa Ramadhan

Back To Top